Senin, 24 Oktober 2011

pertanyaan seputar database


 Pertanyaan Soal
1.              Jelaskan pengertian daripada basis data (database) ?
2.              Berikan penjelasan mengenai perbedaaan antara lemari arsip dengan databasedidalam suatu perusahaan ?.
3.              Jelaskan pengertian daripada file, record, field dan data value dan berikan  masing – masing contohnya ?.
4.              Jelaskan pengertian daripada sistem basis data, apa saja komponen utama dari sistem basis data ?.
5.              Jelaskan pengertian sistem operasi dan berikan contoh beberapa sistem operasi yang saudara ketahui ?.
6.               Jelaskan pengertian daripada DBMS, dan berikan contohnya untuk kelas DBMS yang sederhana maupun yang kompleks ?.

jawaban
1.    Basis Data adalah  Kumpulan file / table yang saling berelasi (berhubungan)  yang disimpan dalam media penyimpanan eletronik. Dapat dikatakan pengertian lain dari basis data adalah  koleksi terpadu dari data yang saling berkaitan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi suatuenterprise (dunia usaha). Dari pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan pada masing – masing table / file didalam database berfungsi untuk menampung / menyimpan data – data, dimana masing – masing data yang ada pada table / file tersebut saling berhubungan dengan satu sama lainnya.


2.       Lemari arsip dalam sebuah perusahaan ialah tempat menyimpan dokumen-dokumen tertulis didalam sebuah kertas yang berisi data-data penting,lalu disimpan dalam sebuah ruangan besar atau lemari,dan dapat diambil kembali jika diperlukan,sedangkan database dalam suatu perusahaan ialah menyimpan data-data dalam sebuah media penyimpanan elektronik.disimpan dalam sebuah mesin elektonik yang disebut server data dan dapat diakses dari lokasi yang berjauhan.dengan mengunakan id dan password tertentu.


3.     File ialah kumpulan dari record sejenis yang mempunyai panjang atribut /field sama,namun isi datanya berbeda Misalkan untuk file pribadi dan file pekerjaan. Masing –masing isi datanya dapat berbeda untuk mempermudah penguna dalam membedakan masing-masing kepentingannya.


Record adalah gabungan dari sejumlah elemen data yang saling berkaitan. contohnya  nim, nama_m, tpt_lhr_m, tgl_lhr_m, alm_m an atribut lainnya dari seorang Mahasiswa dapat dihimpun dalam sebuahrecord / baris.

Field adalah satuan data terkecil yang  tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna. Pada data Mahasiswa, field / atribut datanya dapat contohnya: nim, nama_m, tpt_lhr_m, tgl_lhr_m, alm_m dan dan atribut lainnya yang menyangkut mahasiswa tersebut. Istilah lain elemen data adalah medan / field, kolom, item, danatribut. Istilah yang umum dipakai adalah field, atribut atau kolom.

Data value adalah data aktual atau informasi yang disimpan pada setiap  field / atributField nama_m menunjukkan tempat dimana informasi nama mahasiswa disimpan, sedangkan isi datanya adalah Mulyani, Ahmad Sofyan dan lain sebagainya.

Berikut ini dapat diberikan ilustrasi dari ketiga pengertian tersebut : file,field,record dan data value

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj2V4mBCrT5uEr0BRNZ4SEsTZkXPMkuCJZBOljL3Dv1mTCHma1bmmx4qg1v7q6tM2pEP-dH1734Nop3d6kKj0oyHx8SXh05yXKuIZOCv6urkQeVzNaCop-RNH5ujPCVhpamxdypNksDTva8/s400/2.png
Add caption
Id/field: nim, nama_m,tpt_m,tgl_lhr_m,j-kelamin,alm_m,kota_m,agama_m dan kode_jur
Data value/isi data:
Pada record pertama : 01031417 adalah isi data untuk kolom nim, Mulyanti kolom nama_m dan seterusnya.
Pada  contoh diatas yang merupakan table / file adalah Mahasiswa, yang merupakan field adalah nim,nama_m,tpt_lhr_m,tgl_lhr_m,j_kelamin,alm_m,kota_m,agama_m dan kode_jur, sedangkan untuk isi data pada record pertama adalah 01031417 (nim), Mulyanti (nama_m) dan seterusnya. Pada tabel mahasiswa tersebut misalkan jumlah mahasiswanya adalah 2000 untuk berbagai jurusan, maka jumlah recordnya adalah 2000 juga dan kita dapat melakukan manipulasi data pada tabel tersebut yaitu insert, update dan delete


4.   Sistem basis data ialah Sistem basis data dapat diartikan sebagai kumpulan file / table yang saling berhubungan (dalam sebuah basis data di sebuah sistem komputer), dan sekumpulan program (DBMS / Database Management System) yang memungkinkan beberapa user (pemakai), dan atau program lain  untuk mengakses dan memanipulasi file (table) tersebut. Komponen – komponen utama dari sebuah sistem basis data adalah sebagai  berikut :
·         Perangkat keras (hardware)
·         Sistem operasi  (operating system)
·         Basis data (database)
·         Sistem(aplikasi/perangkat lunak) pengelole basis data (DBMS)
·         Pemakai (user)
·         Aplikasi(perangkat linak) lain (bersifat optional)


5       SISTEM OPERASI merupakan program yang mengaktifkan / memfungsikan sistem komputer, mengendalikan seluruh sumber daya dalam komputer dan melakukan operasi – operasi dasar dalam komputer (operasi input/output), pengelolaan file, dan lain sebagainya.Program pengelola basis data (DBMS) akan aktif (running) jika sistem operasi yang dikehendakinya (sesuai) telah aktif.Contoh daripada sistem operasi pada sistem komputer adalah MS-DOS, MS Windows (3.11,95,98 dan lainnya) untuk yang stand alone dan MS Windows (2000 Server, UNIX, LINUX,  Novel_Netware dan lain sebagainya) untuk yang jaringan


6.       Sistem Manajemen Basis Data (DBMS) adalah koleksi terpadu dari program-program (sistem perangkat lunak) yang digunakan untuk mendefinisikan, menciptakan, mengakses dan merawat database (basis data). Tujuannya adalah menyediakan lingkungan yang mudah dan aman untuk penggunaan dan perawatan database. Contoh daripada DBMS adalah Ms-Access, MS Sql Server dan Oracle.dan lebih kompleks lagi bahwa  Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word,Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL ServerOracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknikpemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.

2 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal dbms, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2296/1/02-01-001-Sistem%5BArnold%5D.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus